Saturday, October 15, 2016

Tutorial Replace Lens Gopro Xiaomi Yi Sports Action Camera

Lensa adalah bagian terpenting dari suatu kamera karena berpengaruh besar terhadap hasil jepretan sebuah foto maupun video. selain itu lensa juga sensitif terhadap goresan, embun atau kotoran lain. Apalagi lensa action kamera yang berbentuk cembung rentan akan goresan dan benturan. apabila lensa sudah ada kotoran baik diluar apalagi didalam lensa yang tidak bisa dibersihkan maka hasil foto kita tidak akan maksimal atau bahkan akan menghasilkan foto yang cacat. Ada baiknya kita menjaga baik-baik lensa kamera misal menggunakan Waterproof untuk action camera xiaomi yi atau gopro namun menggunakan waterproof kadang juga membuat hasil tidak sejernih jika tanpa waterproof karena terhalang kaca lensa waterproof tersebut selain itu water proof yang tidak tepat bisa merusak lensa karena benturan lensa xiaomi yi yang cembung dengan kaca dalam waterproof. Untuk memastikan kaca waterproof tidak mepet dengan lensa adalah dengan memasukkan potongan tisu kecil diantara keduanya. apabila keduanya mepet pasti kelihatan tisuenya, maka disarankan ganti waterproof lain yang lebih aman akan lebih baik lagi kalau waterproof original dari xiaomi yi, memang harganya lebih mahal tapi aman. 

Peletakan yang tidak tepat kamera xiaomi yi yang sedang tidak digunakan dapat menyebabkan kerusakan lensa seperti dibawah. Hal ini bisa terjadi jika tidak menggunakan lens cover saat menaruhnya kedalam tas sehingga tergores benda lain akhirnya lensa rusak dan tidak bisa digunakan lagi.


Lens Gopro Xiaomi Yi Sports Action Camera Pecah retak tergores


Jika hal tersebut sudah terjadi maka solusi satu satunya adalah mengganti lensa xiaomi yi. Di indonesia part xiaomi yi yang asli sangat jarang kita temukan, solusinya beli lens gopro yang ada dock nya yang dapat kita temukan dengan mudah di olshop seperti jakartanotebook, bukalapak atau tokopedia, kalau yang aman dan terpercaya beli di jaknot dijamin no vignette dan aman untuk waterproof.

Cara Replace Lens Xiaomi Yi dengan Go Pro

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Buka cassing kamera,
  • Lepaskan lem yang menempel pada lensa, jangan pakai cutter langsung karena bahaya bisa merusak komponen lain, pakai pisau/cutter yang ujungnya dipanasi untuk melelehkan lemnya.
  • Lepas lensanya dengan cara diputar seperti lepas baut.
  • Pasang lensa replacement baru dengan cara diputar kebalikan dari sebelumnya.
  • lalu refokus dengan cara memutar lensa tersebut kekanan/kekiri sampai dapat fokus yang tajam. Dapat anda gunakan pada objek dengan jarak tertentu sesuai kebutuhan anda.
  • Gunakan lem tembak untuk merekatkanya lagi namun tanpa dilem pun sebenarnya juga aman karena lensa ini sudah menempel dengan kencang dengan xiaomi yi, namun apabila tidak dilem lagi kita harus melakukan refokus lagi jika fokus bergeser atau lensa berputar karena goncangan.
Cara Replace Lens Xiaomi Yi dengan Go Pro

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial Ganti Lensa Gopro Xiaomi Yi Sports Action Camera dibawah :



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon